GuidePedia

0
Kompetensi:
  1. Peserta mampu memeriksa injektor dengan prosedur yang benar
  2. Peserta memahami komponen-komponen injektor
  3. Peserta mampu mengetes injektor dengan benar
Alat dan Bahan:
  1. Unit intake manifold EFI
  2. Stetoscop
  3. Multimeter
  4. Kunci Ring 10
  5. Kunci ring 12
  6. Kunci ring 14
  7. Tang kombinasi
  8. Majun
  9. Nampan
Langkah Kerja: 
Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
Perhatikan gambar komponen pompa bensin berikut ini

PERIKSA KERJA INJEKTOR
  • Cek suara bekerjanya setiap injektor
  • Dengan mesin hidup atau start, gunakan sound scope untuk memeriksa adanya suara kerja yang normal, sesuai dengan putaran mesin
  • Bila tidak tersedia sound scope, cek kerja penyaluran injektor dengan jari
  • Bila tidak terdengar suara atau terdengar adanya kelainan suara, cek konektor rangkaian kabel, injektor, atau sinyal injeksi dari ECU
Periksa tahanan injektor 
  • Lepas konektor injektor
  • Menggunakan Ohmmeter, ukur tahanan di antara terminal-terminalnya. Tahanan : 11,6 - 12,4 Ω. Bila tahanan tidak sesuai nilai spesifikasi, ganti injektor
  • Pasang kembali konektor injektor
Pemeriksaan injeksian injektor 
PERINGATAN: Jagalah, agar tidak terjadi bunga api selama melakukan tes.
  • Lepas slang bensin dari saluran keluar saringan bensin
  • Hubungkan SST (slang) pada saluran keluar saringan bensin dengan SST (union) gasket baru dan baut union. CATATAN. Gunakan saringan bensin dari kendaraan
  • Lepas regulator tekanan,
  • Hubungkan slang balik bensin pada regulator tekanan dengan SST (union), gasket baru dan baut union.
  • Pasang ring-O baru pada injektor
  • Pasang SST (slang) pada injektor dengan SST (union) dan tahan injektor dan SST (union) dengan SST (klem)
  • Letakkan injektor pada silinder pengukur gelas ukuran). 
  • Pasang kembali kabel negatif (-) baterai 
  • Putar swit pengapian pada posisi ON.
  • Menggunakan kabel servis, hubungkan singkat terminal +B dan Fp pada konektor cek
  • Pasang SST (Kabel) pada injektor dan baterai selama 15 detik dan ukur volume injeksi dengan silinder pengukur (gelas ukuran). 
  • Tes setiap injektor dua atau tiga kali. Volume :
  • Bila volume injeksi tidak sesuai spesifikasi, ganti injektor. 
Periksa kebocoran 
  • Dalam keadaan tersebut di atas, lepas test probe SST (kabel) dari baterai dan cek kebocoran dari injektor. Tetesan bensin : Satu tetes atau kurang per menit.
  • Lepas kabel negatif (-) baterai c. Lepas SST dan kabel servis

Scan QR Code Materi di atas



Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…

 
Top