GuidePedia

2
Pengertian Alarm Mobil


Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan saat sistem mendeteksi adanya gangguan. 
Dalam dunia otomotif, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi usaha-usaha untuk memasuki kendaraan pada saat sistem alarm sedang kondisi aktif. Pesan ini digunakan untuk memperingatkan pencuri bahwa kendaraan yang diincarnya sudah terlindungi oleh alarm, atau pemberitahuan kepada lingkungan sekitar bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada mobil yang mengeluarkan bunyi peringatan atau pemberitahuan. Alarm mobil umumnya memberikan tanda bahaya berupa sinyal lampu mobil (sein atau lampu kecil), bunyi sirine atau klakson, ataupun singnal frekwensi ke modul penerimaan (pager) atau signal GSM dengan menggunakan telephone (untuk alarm model GSM).

Fungsi Alarm Mobil
Pencegahan pertama dari resiko mobil dicuri serta melindungi harta benda yang ada dalam mobil dengan memberitahukan apabila terjadi bahaya dan kerusakan ataupun kejadian yang tidak diharapkan pada mobil melalui sinyal lampu, suara atau telpon sehingga memberikan peringatan secara jelas agar dapat diantisipasi dan menarik perhatian. 
Saat ini dengan modus kejahatan yang semakin beragam membuat fungsi alarm mobil tidak hanya bertujuan melindungi dari kehilangan, tetapi juga melindungi pengendara dari usaha perampasan mobil atau kejahatan secara fisik.
Sejarah Alarm mobil
Alarm mobil di Indonesia baru dikenal pada pertengahan 1980-an. Pada saat itu sistem alarm mobil masih sangat sederhana, yaitu hanya berupa tombol/saklar pemutus arus listrik motor starter mesin yang dipasang secara sembunyi agar mesin mobil tidak dapat dihidupkan/dijalankan jika tombol tersebut tidak normalkan sebelumnya. Jenis alarm mobil terus berevolusi dengan cepat sejak tahun 90-an di Amerika mulai dari hanya bermodalkan sebuah tombol, kemudian dengan pengendali jarak jauh berupa remote, serta fasilitas alat pengamanan yang aktif otomatis dalam 30 detik setelah pintu mobil ditutup. 

Fungsi alarm mobil adalah untuk melindungi harta benda yang ada di dalam mobil dan mencegah pencurian mobil. alarm mobil dibagi menjadi 2 yaitu sistem alarm dan alarm keyless
System Alarm merupakan sebuah, subuah sistem yang bermanfaat untuk melindungi kendaraan anda dari berbagai macam bahaya dan pencurian, pada umumnya alarm jenis ini sudah di lengkapi dengan remote control untuk mengunci dan membuka pintu kendaraan.
System Alarm Keyless merupakan sebuah sistem alarm yang tidak dilengkapi dengan remote control, karena pada umumnya alarm jenis ini digunakan pada kendaraan yang sudah memiliki remote control.
Kelebihan Alarm
Dapat memberikan peringatan dini terhadap bahaya yang akan terjadi sehingga manusia dapat mengantisipasi dan meminimalisir korban jiwa maupun kerugian harta benda.

Kesimpulan
Kegunaan alarm harus diimbangi dengan adanya pengawasan terhadap alarm palsu yang diakibatkan gagal sinyal untuk menghindari reaksi panik pada manusia. Penggunaan alarm harus ditempatkan pada tempat yang strategis sehingga dapat dengan cermat mendeteksi kemungkinan bahaya seakurat mungkin.
Gambar Komponen System Alarm

Komponen Utama System Pengaman

Gambar Wiring Diagram Alarm Konvensional


SISTEM PENGAMAN DENGAN IMMOBILIZER

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…

 
Top