A. Pengertian
Transmisi yaitu salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya dengan menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi.
Transmisi digunakan untuk mengatasi beberapa hal dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
- Merubah momen
- Merubah kecepatan kendaraan
- Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
- Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )
Rangkaian pemindahan tenaga berawal dari sumber tenaga (engine) ke sisitem pemindah tenaga, yaitu masuk ke unit kopling (clutch) diteruskan ke transmisi (gear box) ke propeller shaft dan keroda melalui diferensial (final drive).
B. Macam transmisi manual
1. Transmisi dengan roda gigi geser (sliding mesh) tiga percepatan
Roda gigi pada poros input yaitu berasal dari kopling, dipasang mati. Sedangkan roda gigi yang dipasang pada poros output dipasang geser / sliding. Roda gigi yang digunakan untuk model ini tentunya jenis spur.
Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan counter gear.
Gambar transmisi manual |
1 | Input shaft | 8 Reserve gear |
2 | Clutch | 9 Countershaft |
3 | Second sliding gear | 10 Reserve idle gear |
4 | Clutch gear | 11 Output shaft |
5 | Countershaft drive gear | 12 Low and reserve idle gear |
6 | Second gear | 13 Gear shift fork |
7 | Low speed gear |
2. Transmisi dengan roda gigi tetap (constant mesh)
Sistem pemindahan kecepatan pada sistem ini tidak memindah roda gigi, namun dengan menambah satu perlengkapan kopling geser. Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dihubungkan dengan sleeve yang terpasang pada output shaft. Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft
3. Transmisi Synchronmesh
Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus, synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda-roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman
Keterangan :
- Roda gigi Sinkromesh (clutch hub) : Meneruskan tenaga putar dari kopling geser ke poros Output
- Pengunci Sinkromesh (synchronizer key) : Mencegah penggantian gigi sebelum putaran sama
- Roda gigi tingkat kecepatan : Meneruskan tenaga putar dari gigi tingkat ke kopling geser
- Gigi Penghubung : Tempat terhubung kopling geser
- Konis Pengereman : Sebagai bidang gesek pengerem
- Cincin Sinkromesh (synchronizer ring) : Menyesuaikan putaran unit sinkromesh dengan roda tingkat
- Pegas pengunci (synchronizer spring) : Memegang pengunci-pengunci dengan roda gigi sinkromesh
- Kopling Geser (hub sleeve) : Menghubungkan roda gigi sinkromesh dengan roda gigi tingkat
Perbandingan roda gigi (gear ratio) pada transmisi dapat dinyatakan sebagai berikut :
Komponen utama dari tramisi manual adalah sebagai berikut :
Transmission Case
Transmission Case (Bak transmisi) berfungsi sebagai dudukan Bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/minyak transmisi
Shift Fork
Shift Fork (garpu pemindah) adalah batang untuk memindah gigi atau
syncroniser pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk
dipasang/dipindah
Transmission input shaft
Transmission input shaft atau Poros input transmisi, yaitu komponen yang menerima moment output dari unit kopling.
Counter Gear
Counter Gearberfungsi untuk meneruskan putaran dari inputshaft ke gigi
percepatan
Gigi percepatan
Gigi percepatan berfungsi untuk merubah momen yang dihasilkan mesin
sesuai dengan kebutuhan (beban mesin dan kondisi jalan).
Hub Sleave
Hub Sleaveberfungsi untuk mengunci singkromes dengan gigi percepatan
sehingga memungkinkan output shaf bisa perputar dan berhenti
Sinkronizer ring / Singkromes
Sinkronizer ring / Singkromesberfungsi sebagai komponen transmisi yang
memungkinkan perpindahan gigi pada transmisi dapat bekerja/hidup
Reverse Gear
Reverse Gear berfungsi sebagai gear perubah arah putaran output
shaft sehingga memungkinkan kendaraan bisa bergerak mundur
Main Bearing
Main bearing berfungsi sebagai bantalan output shaf
Output shaft
Output shaft berfungsi untuk meneruskan putaran dari transmisi ke
propeller shaft
Extension Housing
Extension Housing berfungsi sebagai penutup output shaft
sekaligus dudukan tongkat perseneling
Mekanisme pengoperasian transmisi manual
Mekanisme pengoperasian transmisi berfungsi untuk menyediakan hubungan antara pengemudi dengan bekerjanya transmisi, sehingga mekanisme pengoperasian merupakan sarana untuk mengendalikan bekerjanya transmisi oleh pengemudi. Dengan demikian pengemudi dapat memilih gigi kecepatan yang dianggap sesuai dengan kondisi kecepatan dan beban kendaraan. Konstruksi mekanisme pengoperasian ada tiga macam, yaitu sistem handel langsung, sistem handel pada kemudi, dan sistem menggunakan kabel baja elastis.
1. Sistem handel langsung
Jika tuas pemindah didorong penuh ke kiri maka lengan selektor akan berada pada tuas garpu gigi 1 dan 2, pada posisi ini bila didorong kedepan berarti lengan selektor menarik tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 1.
Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 2.
Ketika tuas pemindah dilepas maka tuas pemindah akan berada ditengah dan lengan selektor akan berada pada tuas garpu gigi 3 dan 4, pada posisi ini bila didorong kedepan berarti lengan selektor menarik tuas garpu gigi 3 dan 4 membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 3.
Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu gigi 3 dan 4 membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 4.
Kalau tuas pemindah ditarik penuh ke kanan maka lengan selektor akan berada pada tuas garpu mundur, pada posisi ini bila tuas pemindah ditarik kebelakang berarti mendorong tuas garpu mundur dan membawa roda gigi masuk ke posisi gigi mundur.
Sistem handel pada kemudi
Sistem menggunakan kabel baja elastis
Sistem handel langsung
Posting Komentar
Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…