GuidePedia

0
1.Umum
Audio mobil adalah perangkat yang membuat berkendara menjadi nyaman, seperti juga air conditioner.Bicara tentang musik dalam audio mobil, membuat pengendara dalam rasa tentram. Informasi tentang lalulintas serta berita penting bisa didengar. Untuk audio mobil, radio dan tape recorder umumnya dipakai. 

Dengan kemajuan digital teknologi, pada model mutakhir audio mobil dilengkapi dengan CD (Compact Disc) player yang memainkan rekaman dengan sinyal digital. 



Jadi secara umum Audio video mobil berfungsi 
  • Memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpang dengan memberikan hiburan music atau yang  lain, 
  • memberikan informasi penting tentang keadaan jalan yang diperoleh dari radio, kamera parkir, ataupun GPS
  • Sebagai output dari car assist yang memerlukan audio dan video misalkan HP

2.Stereo
Karena manusia punya dua telinga, arah datangnya suara bisa dideteksi meski dengan menutup mata. Hal ini membuat pengaturan suara bisa ditentukan sesuai dengan perbedaan keras dan lirihnya, atau jarak waktu antara mendengar dengan telinga kanan atau telinga kiri. Karena telinga berada di kanan atau kiri kepala , suara dari arah horisontal bisa ditentukan dengan tepat. Sebaliknya suara dari arah vertikal tidak bisa ditentukan secara tepat detilnya. Suara dari depan dan dari belakang bisa dengan mudah membuat salah/menyesatkan dan pengatuiran suara yang mempunyai frekwensi rendah sukar dikenali. Stereo menggunakan kemampuan pengenalan arah manusia sama seperti volume suara dan time lag dari speaker kanan dan kiri untuk menciptakan sensasi tiga dimensi, sensasi realistik. 

3. Konstruksi dasar

Konstruksi audio mobil tergantung dari model dan tingkatannya. Dalam beberapa hal, pelanggan bisa memilih komponen yang disediakan dealer, umumnya komponen yang di bawah ini.
a.Radio
Antena menangkap gelombang radio yang ditransmisikan dari stasiun penyiaran radio dan merubahnya menjadi sinyal suara dan mengirimnya ke amplifier.Hampir semua radio menerima siaran AM/FM dan memiliki penyetem elektronik yang dikontrol oleh microcomputer.
b.Tape player/CD player (Head unit)
Tape player membaca sinyal analog yang direkan di pita magnetik dan mengirim sinyal suara ke amplifier. Perangkat ini mempunyai fungsi auto reverse, auto pick up dan lain-lain. CD player membaca sinyal digital yang direkam di optical disc, menampilkan konversi D-A (digital-analog) dan mengirimkan suaranya ke amplifier. Karena memakai sinyal digital, suara dari CD lebih jernih dari suara yang dihasilkan oleh taperecorder. Alat ini menseleksi lagu dengan cepat, sebagai kelebihan CD player.
Jenis head unit secara umum dibagi menjadi 2 yaitu
  • Type single DIN, lebih tipis dan biasanya hanya berfungsi sebagai player audio saja, untuk dapat menampilkan format video, MP4 dan bentuk gambar hidup lainya diperlukan perangkat tambahan berupa Lcd atau monitor
Gambar Head Unit Single DIN
  • Type Double DIN, lebih tebal dua kali dari single Din biasanya menggunakan lcd atau monitor dengan ukuran beragan antara 4 inchi s/d 8 inchi, tetapi masih ada juga type ini yang hanya berfungs sebagai audio player dengan tambahan berbagi format file yang dapat dibaca
Gambar Head Unit Double DIN

c. Amplifier / power amplifier
Amplifier membesarkan sinyal dari radio, tape player, CD player, dan lain-lain dan mengirimkan sinyal ke speaker. Pada era saat ini power aplifier ada berbagai macam jenis sesuai kebutuhan pengguna, menurut kualitas suara yang dihasilkan di bagi menjadi 2 yaitu tipe monoblok dan stereo, sedangkan menurut banyaknya output gelombang suara yang dihasilkan terdapat banyak jenisnya mulai dari 2 chanel, 4 chanel dll.
Gambar Power Amplifier

d. Speaker
Speaker mengubah sinyal elektrik yang disebarkan oleh amplifier ke air vibration. Untuk mendengar suara dalam stereo minimal dibutuhkan dua speaker. 
Dalam penggunaan pada sistem audio mobil terdapat 3 kualifikasi jenis speaker yang digunakan dengan fungsi getaran suara khusus yang dihasilkan yaitu,
  • Jenis tweeter, speaker yang digunakan untuk menghasilkan nada tinggi (treable), biasanya diletakkan di bagian depan dashboard mobil.
Speaker Jenis Tweeter
  • Jenis medium, speaker ini untuk menghasilkan nada vokal dan suara menengah seperti akustik, piano dan lain lain, diletakkan dalam boks khusus atau pada pintu mobil dari bagian depan sampai belakang.
Speaker Jenis Medium

  • Jenis subwoover, tipe speaker yang digunakan untuk menghasilkan nada rendah, atau bass, berupa speaker besar atau aktif yang menggunakan boks terpisah.
Speaker Jenis Subwoofer

4. Rangkaian Sistem Audio Video Mobil
Keterangan :
  1. Dari baterai ke B Kunci Kontak
  2. Pada Tape/ CD Player ada 3 kabel sumber 2kabel disambung ke IG dan ACC, 1 kabel ke masa (lihat petunjuk pada body tape).
  3. Output Tape : audio L dan R dan Rem ke in put Amplifier (Rem adalah saklar otomatis untuk amplifier, arus ke amplifier selalu standbay, namun jika belum ada arus pemicu dari Rem, amplifier belum hidup. Jika tape/cd dihidupkan arus dari Rem akan mengaktifkan amplifier) jadi ga perlu repot pencet tombol on/off.
  4. Out put Video di sambungkan ke LCD TV
  5. + LCD TV dihubungkan ke IG, - ke massa
  6. Out put Amplifier dihubungkan ke speaker
Untuk mobil mobil baru umumnya sudah tidak menggunakan tape, tapi sudah menggunakan double din yang sudah di integrasikan dengan beberapa fitur lain seperti GPS, Parking Camera. Menu yang bisa dipilih juga lebih banyak, seperti USB, bluetooth, dvd, radio dll. Adapun wiring diagramnya adalah sebagai berikut.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada video tutorialnya (klik link di bawah ini)



Video Part 2

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…

 
Top