GuidePedia

0
Perawatan atau pemeliharaan booster adalah dengan memastikan tidak terdapat kebocoran pada bodi booster, selang vacum, membran maupun katup sehingga booster bekerja dengan baik. 
Gambar 1. Konstruksi booster rem

Pemeriksaan kinerja booster di kendaraan dapat dilakukan dengan menekan pedal rem beberapa kali pada saat belum hidup, langkah maksimal pedal harus tetap dan tidak berubah pada injakan pertama, kedua dan seterusnya. Kemudian tekan pedal dan tahan kemudian mesin dihidupkan. Jika booster bekerja maka pedal akan bereaksi turun sedikit dengan perlahan. 
Gambar 2. Letak komponen booster rem
Pengecekan yang lainnya adalah pengecekan kebocoran/ kekedapan udara, yaitu dengan cara mesin dihidupkan 1-2 menit, tekan pedal beberapa kali perlahan-lahan. Jika tekanan pertama lebih jauh dari pada tekanan kedua dan ketiga kondisi booster baik. 
Gambar di bawah ini mengilustrasikan pemeriksaan booster tersebut. Selanjutnya pedal kita tekan saat mesin hidup kemudian kita tahan, kemudian mesin dimatikan pedal ditahan sekitar 30 detik. Booster baik jika posisi pedal harus tidak ada perubahan, dan jika pedal dilepas dan diinjak kembali maka pedal akan tertahan pada ketinggian yang lebih tinggi
Gambar 3. Ilustrasi pengecekan kinerja dan kekedapan booster

Jika dari pengecekan di atas terdapat ketidak normalan maka pemeriksaan lainnya adalah dengan mendengarkan secara seksama saat pedal diinjak dan dibebaskan, apakah terdengar suara desis yang tidak seharusnya ada, dan kapan bunyi desis itu terdengar. 
Pemeriksaan lebih teliti dapat dilakukan dengan memberikan kevacuman tertentu dan melihat dan atau mengukur panjang langkah reaksi pushrod-nya. Hasil yang didapat dibandingkan dengan spesifikasi pada panduan servisnya. Jika nilainya tidak sesuai mengindikasikan adanya kerusakan atau kebocoran. 

Bagian booster yang diperiksa adalah katup satu arah. Katup dikatakan bekerja dengan baik jika, katup ditiup dari luar ke dalam tertutup dan jika ditiup dari dalam keluar katup terbuka. Pastikan letak katup satu arah, apakah ada pada selang vacuum atau menempel pada bodi booster. 
Gambar di bawah ini mengilustrasikan pemeriksaan katup satu arah yang menempel pada bodi booster
Gambar 4. Ilustrasi pengecekan kinerja katup satu arah booster 

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…

 
Top