GuidePedia

0
Rem cakram (disc brake) pada dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat besi tuang (disc rotor) yang berputar dengan roda dan bahan gesek (dalam hal ini disc pad) yang mendorong dan menjepit cakram. 
Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara pad dan cakram (disc). 

Konstruksi rem cakram secara garis besar dibedakan menjadi dua macam, yaitu: anchored/ fixed caliper dan floating caliper. 
  • Fixed caliper biasa digunakan pada mobil balap, menggunakan dua atau 4 piston sedangkan yang dipasangkan berseberangan.
    Gambar 1. Konstruksi rem cakram fixed caliper
  • Floating caliper biasa digunakan di mobil kecil, menggunakan satu atau dua piston yang dipasangkan berdampingan.
    Gambar 2. Konstruksi rem cakram floatingcaliper
Karakteristik dari cakram hanya mempunyai sedikit aksi energi sendiri (self– energizing action), daya pengereman itu sedikit dipengaruhi oleh fluktuasi koefisien gesek yang menghasilkan ke stabilan tinggi. Selain itu karena permukaan bidang gesek selalu terkena udara, radiasi panasnya terjamin baik, ini dapat mengurangi dan menjamin dari terkena air. 
Gambar 3. Konstruksi rem cakram
Rem cakram mempunyai batasan pembuatan pada bentuk dan ukurannya. Ukuran disc pad agak terbatas, dan ini berkaitan dengan aksi self– energizing limited. Sehingga perlu tambahan tekanan hidraulis yang lebih besar untuk mendapatkan daya pengereman yang efisien. Juga pad akan lebih cepat aus dari pada sepatu rem tromol. Tetapi konstruksi yang sederhana mudah pada perawatannya serta penggantian pad.

KOMPONEN-KOMPONEN REM CAKRAM
Piringan 
Umumnya cakram atau piringan (disc rotor) dibuat dari besi tuang dalam bentuk biasa (solid) berlubang-lubang untuk ventilasi. 
Tipe cakram lubang terdiri dari pasangan piringan yang berlubang untuk menjamin pendinginan yang baik, kedua-duanya untuk mencegah fading dan menjamin umur pad lebih panjang dan tahan lama.
Gambar 4. Jenis-jenis piringan

Pad Rem 
Pad (disc pad) biasanya dibuat campuran metalic fiber dan sedikit serbuk besi. 
Tipe ini disebut dengan “Semi Metalic disc pad”. Pada pad diberi garis celah untuk menunjukkan tebal pad (batas yang diizinkan) dengan demikian dapat mempermudah pengecekan keausan pad. Penggunaan metallic plate (disebut dengan antisquel shim) dipasangkan pada sisi piston dari pad untuk mencegah bunyi saat berlaku pengereman.
Gambar 5. Konstruksi pad rem

Jenis-Jenis Kaliper 
Caliper juga disebut dengan cylinder body, memegang piston-piston dan dilengkapi dengan saluran dimana minyak rem disalurkan ke silinder. 
Caliper dikelompokkan sebagai berikut menurut jenis pemasangannya:

Tipe Fixed Caliper (Double Piston) 
Gambar 6. Konstruksi kaliper type fixed
Caliper dipasangkan tepat pada axle atau strut. Seperti digambarkan di bawah ini, pemasangan caliper dilengkapi dengan sepasang piston. Daya pengereman didapat bila pad ditekan piston secara hidraulis pada kedua ujung piringan atau cakram.
Gambar 7. Konstruksi kaliper type fixed
Fixed caliper adalah dasar disain yang sangat baik dan dijamin dapat bekerja lebih akurat. Namun demikian radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada antara cakram dan velg, menyebabkan sulit tercapainya pendinginan. Untuk ini membutuhkan penambahan komponen yang banyak. Untuk mengatasi hal tersebut jenis caliper fixed ini, sudah jarang digunakan.

Tipe Floating Caliper (Single Piston) 
Gambar 8. Konstruksi kaliper type floating
Seperti terlihat pada gambar piston hanya ditempatkan pada satu sisi kaliper saja. Tekanan hidraulis dari master silinder mendorong piston (A) dan selanjutnya menekan pada rotor disc (cakram). Pada saat yang sama tekanan hidraulis menekan sisi pad (reaksi B). ini menyebabkan kaliper bergerak ke kanan dan menjepit cakram dan terjadilah usaha tenaga pengereman. 
Gambar 9. Konstruksi kaliper type floating

Caliper tipe floating dapat digolongkan sebagai berikut:
  • Tipe Semi-Floating (Tipe PS)
  • Tipe Full-Floating (Tipe F, Tipe FS, Tipe AD dan Tipe PD) 
Caliper tipe semi–floating menerima tenaga pengereman yang dibangkitkan pad bagian luar. Pada caliper tipe full–floating, kemampuannya pengeremannya dibangkitkan oleh kedua pad dengan troque plate. Caliper floating banyak digunakan pada kendaraan penumpang modern. 

Gambar 10. Ilustrasi susunan konstruksi kaliper rem cakram

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…

 
Top