Rem parkir (parking brake) terutama digunakan untuk parkir
kendaraan. Mobil penumpang dan kendaraan niaga yang kecil mempunyai rem parkir tipe roda belakang (rem kaki), atau rem parkir
ekslusif yang dihubungkan dengan roda-roda belakang.
Kendaraan niaga yang besar menggunakan rem parkir tipe center
brake yang dipasang antara propeller shaft dan transmisi. Sistem rem
parkir terdiri dari tuas rem, stick atau pedal, kabel atau tipe mekanisme
batang (rod) dan tromol rem dan sepatu yang membangkitkan daya
pengereman.
Mekanisme kerja (operating mechanism) pada rem parkir pada
dasarnya sama untuk tipe rem parkir belakang dan tipe center brake.
Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan tempat duduk
pengemudi dengan menarik tuas rem parkir maka rem bekerja melalui
kabel yang dihubungkan dengan tuas.
Ada beberapa tipe tuas rem parkir seperti diperlihatkan di bawah ini,
yang digunakan bergantung pada design tempat duduk pengemudi dan
sistem kerja yang dikehendaki.
Tuas rem parkir dilengkapi dengan ratchet utnuk mengatur tuas pada
suatu posisi pengetesan. Pada beberapa tuas rem parkir mur
penyetelannya dekat dengan tuas rem, dengan demikian penyetelan
jarak tuas dapat dengan mudah distel
Kabel
rem parkir memindahkan gerakan tuas ke tromol rem sub-assembly. Pada rem parkir
roda belakang, dibagian tengah kabel diberi equalizer untuk menyamakan daya
kerjanya tuas pada kedua roda-roda. Tuas intermediate (intermediate lever)
dipasang untuk menambah daya pengoperasian
BODY REM PARKIR
a) Rem Parkir Tipe Roda Belakang
Bodi rem parkir dikelompokkan menjadi dua tipe structural bergantung pada andilnya tromol rem atau piringan rem (rem kaki) atau komponen rem yang terpisah.
Pelayanan Rem Tipe Sharing (Rem Kaki)
Tipe rem parkir ini digabungkan dengan rem kaki. Hubungannya dilakukan secara mekanik dihubungkan pada sepatu rem pada kendaraan yang mempunyai tromol rem, atau pada piston pada mobil yang menggunakan disc brake.
Kendaraan dengan tromol rem
Pada tipe rem parkir ini, sepatu rem akan mengembang oleh tuas sepatu rem dan shoe strut (lihat gambar). Kabel rem parkir dipasang pada tuas sepatu rem dan daya kerja dari tuas rem parkir dipindahkan melalui kabel rem parkir ke tuas sepatu rem.
Kendaraan dengan rem piringan
Dalam tipe rem parkir ini, mekanisme rem parkir disatukan dalam
caliperr rem piringan. Seperti pada gambar di bawah, gerakan
tuas menyebabkan poros tuas (lever shaft) berputar menyebabkan
spindle menggerakkan piston. Hasilnya, pad terdorong menekan
rotor piringan (disc rotor).
Pad menjadi aus dan langkah rem parkir akan bertambah dengan
alasan ini, maka dilengkapi mekanisme penyetelan otomatis pada
mekanisme rem parkir untuk menjaga langkah spindle agar tetap
konstan setiap waktu
Tipe rem parkir deveted
Pada tipe rem parkir ini, tromol rem parkir terpisah dari rem
piringan belakang, seperti pada gambar. Cara kerjanya sama
dengan tipe rem parkir seperti pada tromol rem
Posting Komentar
Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…